인도네시아어 묵상 - Cermin dan Firman 거울과 말씀



인도네시아어 묵상 - Cermin dan Firman 거울과 말씀


Barangsiapa meneliti hukum yang sempurna, yaitu hukum yang memerdekakan orang, dan ia bertekun di dalamnya . . . ia akan berbahagia oleh perbuatannya. —Yakobus 1:25

누구든지 완전한 법, 즉 사람을 자유롭게 하는 법을 연구하며 그 가운데 열심인 자는 --- 그는 그의 행실로 인해 복이 있을 것이니라. - 야고보서 1:25

Saat keluar dari tempat penginapan saya di Kampala, Uganda, tuan rumah yang menjemput saya ke acara seminar menatap dengan senyum geli. “Apakah ada yang lucu?” tanya saya. Ia tertawa dan bertanya, “Sudahkah Anda menyisir rambut?” Giliran saya yang tertawa, karena saya memang lupa menyisir rambut, padahal tadi sudah becermin. Bisa-bisanya saya tidak sadar.

우간다, 캄팔라에 있던 숙소에서 나올 때, 세미나 행사로 가는 나를 데리러 왔던 집 주인은 나를 보고는 박장대소를 했다. "웃긴 일이 있어요?" 나는 물었다. 그는 웃으며 물었다, "당신 머리 빗었어요?" 그 다음은 내가 웃을 차례였다. 왜냐하면 거울을 보고 나왔음에도 불구하고 머리를 빗지 않았지 때문이었다. 어떻게 내가 알지 못했을까.

Yakobus menggunakan analogi dari kehidupan sehari-hari tentang cermin supaya pembelajaran Alkitab yang kita lakukan lebih memberi dampak. Kita becermin untuk memeriksa adakah yang perlu dikoreksi pada diri kita—rambut sudah disisir, muka sudah dicuci, baju sudah dikancing dengan benar. Seperti cermin, Alkitab membantu kita melihat pada karakter, sikap, pikiran, dan perilaku kita (Yak. 1:23-24). Dengan begitu, kita dapat menyelaraskan hidup sesuai dengan prinsip-prinsip yang telah dinyatakan Allah. Kita mau “mengekang” lidah (ay.26), “mengunjungi yatim piatu dan janda-janda” yang berkesusahan (ay.27), memperhatikan pimpinan Roh Kudus di dalam kita, dan menjaga diri supaya “tidak dicemarkan oleh dunia” (ay.27).

야곱은 우리가 행하는 성경 교육의 더 큰 영향을 위해 우리가 늘 겪는 거울에 대한 비유를 사용했다. 우리는 머리는 빗었는지, 얼굴은 씼었는지, 단추는 제대로 채워졌는지 등을 점검하기 위해 거울을 본다. 성경은 우리의 성격, 태도, 생각 그리고 행실 등을 볼 수 있도록 도와준다 (야 1:23~24).  그래서 우리는 하나님께서 우리에게 말씀하신 원리들에 맞춰 살 수 있게 된다 (27절). 우리는 혀에 재갈을 물리고 (26절), 가난한 고아들과 과부들을 돌아보며(27절), 우리 속에 거하시는 성령의 인도하심에 주의해야 하며, 세속에 더렵혀지지 않도록 우리 자신을 지켜야 한다.

Bila kita menyimak dan melakukan “hukum yang sempurna, yaitu hukum yang memerdekakan orang,” kita akan diberkati dalam apa yang kita lakukan (ay.25). Ketika memandang cermin Kitab Suci, kita dapat menerima “dengan lemah lembut firman yang tertanam di dalam hati [kita]” (ay.21).

우리가 완전한 법, 곧 사람을 자유케하는 법을 듣고 행할 때, 우리는 우리가 행하는 것들로 복을 받게 된다 (25절). 우리가 거울한 거울인 성경을 들여다 볼 때, 우리는 우리의 마음 속에 심겨지는 하나님의 말씀을 온유함으로 받게 될 것이다 (21절).

Bapa Surgawi, “singkapkanlah mataku, supaya aku memandang keajaiban-keajaiban dari Taurat-Mu” (Mzm. 119:18). Tolong aku menata hidupku sesuai dengan pengajaran-Mu dalam Kitab Suci.

하늘에 계신 하나님, "제 눈을 열러 당신 율법의 놀라움을 보게 하여 주시옵소서"  (시119:18).
거룩하신 말씀 속에 주님께서 교훈하신 것에 따라 살아갈 수 있도록 도와주시옵소서.

Seperti cermin memantulkan rupa kita, demikianlah Alkitab menyingkapkan jati diri kita.

거울이 우리의 모습을 비추는 것 처럼, 성경은 우리의 내면을 비춰주신다.

https://santapanrohani.org/2018/12/16/cermin-dan-firman/
----------------------------
족자카르타 한국교회
Jogja Korean Community Church
족자카르타 한국교회는 한국인 교포, 유학생, 여행자 뿐만 아니라 한국어 예배를 드리기 원하는 인도네시아인들과 함께 하는 개혁주의 신앙 위에 세워진 말씀과 선교의 공동체입니다.
Previous
Next Post »