인도네시아어 묵상 - Natal yang sepi 외로운 성탄절


Mataku tetap terarah kepada Tuhan. —Mazmur 25:15
제 눈은 오직 주님만 바라봅니다. - 시편 25:15

Natal paling sepi yang pernah saya alami adalah ketika berada di pondok milik kakek saya di dekat Sakogu, wilayah utara Ghana. Saat itu, saya baru berusia lima belas tahun, sementara orangtua dan saudara-saudara saya tinggal seribu kilometer jauhnya. Tahun-tahun sebelumnya, ketika tinggal bersama mereka dan teman-teman sekampung, Natal selalu terasa ramai dan mengesankan. Namun, Natal kali ini begitu sunyi dan sepi. Sembari berbaring di atas tikar pada pagi harinya, saya teringat lagu daerah: Tahun telah berakhir; Natal telah tiba; Anak Allah lahir; damai dan sukacita bagi semua. Dengan sedih, saya menyanyikan lagu itu berulang-ulang.

내가 경험했더 가장 조용한 성탄절은 북부 가나 지역의 Sakogu 가까이에 있던 내 형 소유의 오두막에 있을 때였다. 그 때, 나는 막 15살이 되었을 때였고, 부모님과 형제들은 수 천킬로미터 떨어진 곳에 살고 있었다. 몇 년 전, 나의 동네 친구들 그리고 가족들과 함께 살았을 때는 성탄절은 항상 북적대고 인상적이었다. 그러나, 이번 성탄절은 이렇게 조용하고 한적했다. 그날 아침 돗자리 위에 누워 있는 동안, 지방 노래 하 소절이 생각났다: 주님 탄생하셨네; 성탄절이 왔네; 하나님의 아들이 태어나셨네; 모든 이에게 평화와 사랑을. 슬프게도, 나는 이 노래를 반복해서 불렀다.

Nenek saya datang dan bertanya, “Lagu apa itu?” Kakek dan nenek saya tidak tahu apa-apa tentang Natal, apalagi tentang Kristus. Jadi, saya pun menceritakan apa yang saya ketahui tentang Natal kepada mereka. Saat itulah kesepian saya terasa sirna.

할머니가 오셔서 물어보셨다, "그게 무슨 노래니?" 나의 할머니와 할아버지는 성탄절이 무엇인지, 예수님이 누구이신지에 대해 모르셨다. 그래서, 나는 그들에게 성탄절에 대해 내가 알고 있는 것들을 말씀드렸다. 바로 그 때, 나의 적적함은 사라졌다.

Sendirian di padang, dengan hanya ditemani domba dan hewan liar yang sesekali muncul, Daud sang gembala muda mengalami kesepian. Bukan kali itu saja ia mengalaminya. Di kemudian hari, ia menulis, “Aku kesepian dan sengsara” (MZM. 25:16 BIS). Namun, Daud tak membiarkan dirinya putus asa ditelan rasa sepi. Sebaliknya, ia bernyanyi: “Aku berharap kepada-Mu” (ay.21 BIS).

양들과 한번씩 나타나는 야생 동물들과 함께, 외로운 들판에서, 목동 다윗은 외로움을 경험했다. 그가 경험했던 것은 그 때 뿐이 아니었다. 그 다음 날, 그는 다음과 같이 썼다, "나는 외롭고 고통스럽다" (시 24:16). 그러나 다윗은 절망이 그의 외로움을 삼켜버리도록 그 자신을 내버려 두지 않았다. 반대로, 그는 노래했다: "나는 주님을 바랍니다" (21절)

Dari waktu ke waktu, kita semua pasti mengalami kesepian. Di mana pun Anda berada pada Natal tahun ini, baik dalam kesepian maupun kehangatan, Kristus senantiasa menemani Anda.

수시로, 우리 모두는 분명히 외로움을 경험합니다. 올해 어디서는 당신은 적적하거나 아니면 따뜻한 성탄절을 맞게 될 것입니다. 예수님께서 당신과 항상 함께 하십니다.

Tuhan, terima kasih karena bersama-Mu aku tidak sendirian meski didera kesepian. Natal kali ini, tolonglah aku untuk menikmati persekutuan dengan Engkau dan juga melayani orang lain yang membutuhkan kasih-Mu.

주님, 주님께서 함께 하시므로 적적함 가운데에서도 제가 외롭지 않게 하시니 감사드립니다. 올해의 성탄절에는, 주님과의 연합을 경험하게 해 주시고 또한 주님의 사랑이 필요한 사람들을 돕게해 주시옵소서.

Bersama Yesus di hari Natal, kita takkan pernah sendirian.
주님과 하는 성탄절, 우리는 외롭지 않을 것입니다.

https://santapanrohani.org/2018/12/06/natal-yang-sepi/

----------------------------
족자카르타 한국교회
Jogja Korean Community Church
족자카르타 한국교회는 한국인 교포, 유학생, 여행자 뿐만 아니라 한국어 예배를 드리기 원하는 인도네시아인들과 함께 하는 개혁주의 신앙 위에 세워진 말씀과 선교의 공동체입니다.
Previous
Next Post »